Jumat, 25 Oktober 2013

BERBURU MAKANAN FAVORIT



Hari ini tanggal 16 oktober 2013 aku dan teman-temanku berkeinginan untuk berburu makanan favorit di sekitaran pantai pulau tengah yang merupakan pulau yang kaya akan hasil lautnya. Mentari sudah muncul, aku sudah mempersiapkan segala hal untuk keberangkatanku bersama teman-temanku. Kami sepakat jam 08:00 wita akan berkumpul di jembatan dermaga pulauku, masadian Sulawesi tengah.  Saat air mulai surut. Berbagai peralatan telah aku siapkan dan teman-temanku juga begitu. Keranjang, ember, telah kemudian aku siapkan untuk menggoyak-goyak bulu babi dan tepat untuk kerang-kerang laut dan tetehe. Yang merupakan makana yang lezat dan baik untuk kesehatan.
Waktu sekarang menunjukkan pukul 07:30 wita. Aku sudah berada di jembatan dermaga. Tempat perahu lengkap dengan mesin modern yang akan kami gunakan. Nampak terlihat dari kejauhan  kedua teman saya arson dan riyan berjalan di pasir pantai dan naik ke jembatan dermaga menuju aku. Mereka dengan pakaian lengkap terlihat seperti nelayan pakaian lengkap orang mau melaut. Memakai celana robek-robek, baju robek-robek, topi nelayan serta kacamata selam. Pakaian resmi orang yang akan melaut atau pergi ke laut baik dalam waktu jangka pendek (sesaat) maupun jangka panjang, berhari-hari. “hay,,, woiyy”, sapaku pada mereka. Mereka pun juga mmbalas tutur sapaku. Panjang cerita antaraantara kami kami bertiga pun berlalu. Bercerita mau ngapain, ambil apa, makan enak, ambil itu, semua yang kami sukai yang dapat dimakan.
Sekarang tepat pukul 08:00 wita. Orang yang ditunggu tunggu sudah datang. Wahyu dan Wahdin, adik kakan sang empunya perahu. “Hay, bagaimana kita going sekarang?” sapa aku pada mereka. Mereka pun membalas tutur sapaku. Waktupun terus berlalu kami pun menaiki perahu dan langsung akan menuju pulau tengah, diantara pulauku masadiana dan samarenggang (3 pulau berjejer).
Jangkar perahu aku sudah tarik, wahdin pun langsung membunyikan mesin ketinting perahu. Kami pun berlalu dari jembatan dermaga berangkat menuju pulau tengah. Yang dalam perkiraan kami waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan yang akan kami tempuh adalah akan memakan waktu 15 menit untuk sampai ke pulau tengah. Terik panas sinar matahari tidak membuat kami patah semangat, justru membuat kami semakin membulatkan tekat untuk berpanas-panas demi mendapatkan makanan favorit kami yaitu kerang-kerang laut, bulu babi, dan teethe yang akan kaya akan vitaminnya yang bermanfaat untuk tubuh.

        M A
    (Marwan Abidin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUTRI SAMA

Pada awalnya, orang bajo berasal dari Negeri Johor. Di negeri johor ada satu perkampungan yang dihuni oleh orang-ornag bajo. Mereka ...